BAB 6
Persuasif
A. Persuasif Text
Hampir di setiap media yang ada saat
ini, iklan selalu muncul sebagai salah satu bagian
penting dari mereka. Di koran, radio atau televisi, iklan berhasil muncul dalam bentuk menyesuaikan media yang diperlukan. Advertisemen adalah salah satu jenis teks Persuassive. Apakah teks persuasif sebenarnya?
Teks persuasive adalah
salah satu jenis teks
yang mencoba untuk meyakinkan
pembaca untuk merangkul sudut
pandang tertentu. Ini berarti bahwa jenis teks ingin semua orang yang membaca teks untuk percaya dan setuju dengan apa yang
dinyatakan dalam teks. Gerson mengatakan bahwa tujuan penulisan adalah persuasive untuk mempengaruhi sikap emosional
pendengar kami
terhadap topik (200, halaman 2). Ada beberapa bentuk teks persuasif. Mereka adalah iklan, editorial, review, dll. Dalam kesempatan ini, kami hanya akan fokus ke teks iklan.
Sebagaimana dinyatakan di atas, teks iklan muncul di hampir
setiap media. Fenomena ini bisa terjadi karena iklan win-win
solution kepada media dan pengiklanan tersebut. Media akan mendapatkan banyak
uang yang dibayar oleh pengiklan untuk
menyajikan iklan. Di sisi
lain, pengiklan akan mendapatkan manfaat yang product atau informasi akan
tersebar luas.
Ada terutama jenis iklan
iklan, laba dan nirlaba. Sebuah iklan laba biasanya
disajikan untuk
memberikan informasi tentang produk atau jasa yang konsumen dapat membeli atau mendapatkan. Sebagai
contoh, sebuah iklan shampoo, AC, agen perjalanan, kursus
pendidikan, minuman ringan, dll. Sebuah iklan nirlaba biasanya disajikan
untuk memberikan informasi tentang kebijakan pemerintah atau informasi public dari pemerintah atau semua godaan acara dari pemerintah untuk melakukan atau
tidak melakukan
sesuatu. Sebagai
contoh, sebuah
iklan dari
pemerintah yang mengundang dan mendorong warga negara untuk berhenti merokok di fasilitasi publik.
B. Karakteristik Teks Persuasif
Dalam kesempatan ini, kita akan mengamati
karakteristik dari teksiklan laba dan nirlaba:
1. Laba iklan teks
Karena fungsi
ini
teks persuasive adalah untuk
menarik pembaca untuk produk, karakteristik yang paling
penting
dari iklan keuntungan adalah bahwa iklan
harus
cukup menarik. Karena ada iklan lain yang melengkapi satu sama lain, pengiklan harus membuat iklan yang berbeda dari yang lain sehingga pembaca akan
tertarik untuk membaca teks. Salah satu metode untuk menarik lebih banyak pembaca adalah dengan memberikan gambar. Karakteristik lainnya adalah teks harus memberikan
informasi lengkap, tentang hal yang sedang diiklankan, sehingga pembaca dapat memahami pesan dengan mudah. Teks tidak harus lebah terlalu lama. Ini hanya bisa menjadi teks singkat selama pesan tersebut cukup jelas dan pembaca dapat memahaminya.
2. Non-laba iklan
teks
Secara umum, karakteristik nirlaba teks iklan mirip dengan karakteristik teks
keuntungan iklan. Salah satu yang mungkin berbeda dari teks keuntungan iklan adalah bahwa advertisement nirlaba biasanya lebih lurus dalam mendorong pembaca untuk melakukan atau tidak sesuatu. Teks ini memainkan peran penting di sini.
C. Organisasi Text Persuasi
Sebagai sebuah iklan, teks persuasive tidak memiliki jenis tertentu atau spesifik organisasi teks. Namun teks biasanya terdiri dari teks dan gambar yang mendukung teks. Mungkin teks pertama maka begitu pula gambar atau sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar