Selasa, 15 Mei 2012

BAB 6 MEMBACA


BAB 6
Persuasif
A. Persuasif Text
Hampir di setiap media yang ada saat ini, iklan selalu muncul sebagai salah satu bagian penting  dari mereka. Di  koran, radio  atau televisi, iklan  berhasil  muncul dalam bentuk menyesuaikan media yang diperlukan. Advertisemen adalah salah satu jenis teks Persuassive. Apakah teks persuasif sebenarnya?
Teks  persuasive  adalah salah satu jenis  teks  yang mencoba untuk meyakinkan  pembaca untuk  merangkul  sudut pandang tertentu.  Ini berarti  bahwa jenis teks  ingin semua orang  yang membaca  teks untuk  percaya  dan setuju  dengan apa yang dinyatakan  dalam teks. Gerson  mengatakan  bahwa tujuan  penulisan  adalah persuasive  untuk mempengaruhi  sikap  emosional pendengar kami  terhadap  topik (200, halaman 2). Ada  beberapa bentuk  teks  persuasif. Mereka adalah iklan,  editorial,  review, dll. Dalam kesempatan ini, kami hanya akan fokus ke teks iklan.
Sebagaimana dinyatakan di atas, teks iklan muncul di hampir setiap media. Fenomena ini bisa terjadi karena iklan win-win solution kepada media dan pengiklanan tersebut. Media akan mendapatkan banyak uang yang dibayar oleh pengiklan untuk menyajikan iklan. Di sisi lain, pengiklan akan mendapatkan manfaat yang product atau informasi akan tersebar luas.
Ada terutama  jenis  iklan  iklan, laba dan  nirlaba. Sebuah iklan laba biasanya disajikan untuk memberikan informasi  tentang produk atau jasa yang konsumen dapat membeli atau  mendapatkan. Sebagai contoh, sebuah  iklan  shampoo,  AC,  agen perjalanan, kursus  pendidikan,  minuman ringan, dll. Sebuah iklan  nirlaba biasanya disajikan  untuk memberikan  informasi tentang  kebijakan pemerintah atau informasi public  dari pemerintah atau  semua godaan acara  dari pemerintah  untuk melakukan atau tidak  melakukan sesuatu. Sebagai contoh,  sebuah iklan  dari pemerintah yang mengundang dan mendorong warga negara untuk berhenti merokok di fasilitasi publik.



B. Karakteristik Teks Persuasif
Dalam kesempatan ini, kita akan mengamati karakteristik dari teksiklan laba dan nirlaba:

1. Laba iklan teks
Karena fungsi  ini  teks  persuasive  adalah untuk menarik  pembaca untuk  produk,  karakteristik yang paling  penting dari  iklan keuntungan adalah  bahwa iklan  harus cukup menarik.  Karena ada iklan  lain yang  melengkapi  satu sama lain,  pengiklan  harus membuat iklan yang berbeda dari yang lain sehingga pembaca akan tertarik untuk  membaca teks. Salah satu metode  untuk menarik  lebih banyak pembaca  adalah dengan memberikan gambar. Karakteristik  lainnya adalah  teks harus memberikan informasi lengkap, tentang  hal yang  sedang  diiklankan,  sehingga pembaca dapat  memahami pesan  dengan mudah. Teks  tidak harus  lebah terlalu lama. Ini hanya  bisa menjadi  teks  singkat  selama pesan tersebut cukup jelas dan pembaca dapat memahaminya.
2. Non-laba iklan teks
Secara umum, karakteristik  nirlaba  teks  iklan  mirip  dengan karakteristik teks keuntungan  iklan.  Salah satu yang  mungkin berbeda  dari teks  keuntungan  iklan adalah bahwa  advertisement nirlaba  biasanya  lebih lurus  dalam mendorong  pembaca  untuk melakukan atau tidak  sesuatu.  Teks  ini  memainkan  peran  penting di sini.

C. Organisasi Text Persuasi
Sebagai  sebuah iklan, teks  persuasive  tidak memiliki  jenis tertentu atau  spesifik organisasi  teks.  Namun  teks  biasanya terdiri dari  teks dan  gambar yang  mendukung teks. Mungkin teks pertama maka begitu pula gambar atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar